Silabus
Sekolah : SMP Negeri
1 Kalibagor
Kelas/Semester : IX (sembilan)/1 (satu)
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Standar Kompetensi : 1. Memahami dasar-dasar penggunaan Internet/Intranet
Kelas/Semester : IX (sembilan)/1 (satu)
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Standar Kompetensi : 1. Memahami dasar-dasar penggunaan Internet/Intranet
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
1.1. Menjelaskan
pengertian dasar Internet/Intranet
|
Pengertian internet/intranet
|
Ø Melakukan studi
pustaka tentang pengertian internet/intranet
dengan cermat/teliti
Ø Mengamati tayangan
tentang internet/intranet dengan cermat/teliti
|
Ø Menjelaskan
pengertian
intranet dan internet dengan benar
Ø
Menjelaskan
kegunaan:
-internet
-intranet
dengan
berfikir logis |
Tes
tertulis
Tes
tertulis |
Uraian
Uraian
|
Jelaskan pengertian
internet!
Jelaskan pengertian
intranet!
|
1 x 40
|
Komputer,
koneksi internet,
lembar kerja, buku
paket,
tayangan
|
Cermat/teliti,
berfikir logis, bekerjasama, menghargai pendapat orang lain
|
1.2. Memahami
dasar-dasar sistem jaringan di Internet/intranet
|
Dasar-dasar jaringan internet/intranet
|
Ø Mengamati
visualisasi tentang dasar-dasar sistem jaringan internet/intranet dengan
cermat/teliti
Ø Mengamati tayangan
tentang internet/intranet dengan
cermat/teliti
Ø Melakukan studi
pustaka manfaaf jaringan internet/intranet
dengan cermat/teliti
|
Ø Menjelaskan
dasar-dasar
system jaringan internet dan intranet dengan berfikir logis |
Tes
Tertulis
Tes Tertulis
Tes Tertulis
|
Uraian
Tugas proyek
Uraian
|
Gambarkan diagram
blok sistem jaringan intranet di lab komputer.
Gambarkan sistem
jaringan intranet .
Jelaskan 5 macam
jaringan internet
Jelaskan manfaat jaringan internet.
|
8 x 40
|
Komputer,
Jaringan intranet,
lembar kerja, buku
paket,
tayangan
|
Cermat/teliti,
berfikir logis, bekerjasama, menghargai pendapat orang lain
|
1.3. Mengenal ukuran kecepatan akses Internet
|
Ukuran kecepatan akses internet
|
Ø Mengamati
demonstrasi akses internet dengan mengukur kecepatan akses dengan
cermat/teliti
.
Ø Menghitung
kecepatan akses internet dengan cermat/teliti
Ø Melakukan studi
pustaka tentang ukuran kecepatan akses internet dengan
cermat/teliti
|
Ø Menjelaskan
ukuran kecepatan akses internet
dengan
berfikir logis
Ø Mengidenti
fikasi ukuran kecepatan akses internet berdasar kan saluran yang digunakan
dengan
cermat/teliti |
Tes
tertulis
Penu
gasan
Tes tertulis
|
Uraian/
pilihan ganda
Tugas kelompok
Tes indentifikasi
|
Jelaskan ukuran
kecepatan akses internet!
Hitunglah ukuran
kecepatan akses internet yang menggunakan saluaran telpon!
Indetifikasikan
ukuran kecepatan akses internet sesuai dengan koneksi internet yang tersedia!
|
4 x 40’
|
Komputer,
koneksi internet,
lembar kerja, buku
paket,
|
Cermat/teliti,
berfikir logis, bekerjasama, menghargai pendapat
|
1.4. Mengidentifikasi perangkat keras yang digunakan dalam akses
Internet/Intranet
|
Persyaratan Perangkat keras internet/intranet
|
Ø Mengamati perangkat keras untuk keperluan akses
internet/ intranet yang terdapat di lab. Komputer (melalui tayangan) dengan
cermat/teliti
Ø Mencocokkan
peralatan yang digunakan internet/ intranet sesuai diagram jaringan dengan
cermat/teliti
Ø Melakukan studi
pustaka tentang fungsi dan perangkat yang digunakan akses internet dengan
cermat/teli
|
Ø Mengidentifikasi
perangkat keras untuk keperluan akses internet dengan cermat/teliti
Ø Mengidentifikasi
fungsi perangkat keras yang digunakan
untuk akses internet dengan
cermat/teliti
|
Tes
unjuk kerja
Tes tertulis
Tes
unjuk kerja
|
Tes
identifikasi
Uraian/
Obyektif
Tes identifikasi
|
Tunjukkanlah
perangkat keras yang digunakan internet/intranet!
Jelaskan fungsi
Modem!
Untuk mengakses
internet diperlukan ...
Tunjukkanlah
perangkat keras yang digunakan intranet!
|
4 x 40
|
Komputer,
koneksi internet,
lembar kerja, buku
paket, Cd pembelajran internet
|
Cermat/teliti,
berfikir logis, bekerjasama, menghargai pendapat
|
1.5. Melakukan
berbagai cara untuk memperoleh sambungan Internet/Intranet
|
Penyambungan Internet/Intranet
|
Ø Melakukan studi
pustaka tentang tatacara penyambungan internet/intranet dengan
cermat/teliti
Ø Diskusi kelompok
tentang berbagai cara penyambungan internet/intranet dengan santun dan
demokratis
Ø Mengamati tayang
simulasi penyambungan internet/intranet dengan cermat/teliti
.
Ø Melakukan sambungan
Internet/Intranet melalui koneksi yang terdapat di lab. Komputer dengan
cermat/teliti
.
|
Ø Menjelaskan
beberapa cara sambungan internet/intranet dengan berfikir logis
Ø Melakukan sambungan internet menggunakan dial- up ( saluran
kumunikasi lainnya ) dengan cermat/teliti
|
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
Unjuk kerja
|
Uraian
Uraian
Uraian
Uji petik prosedur
|
Jelaskan tata cara
penyambungan internet menggunakan dial-up!
Jelaskan kelebihan
dan kekurangan akses internet dengan menggunakan dial up
Sebutkan perangkat
keras yang digunakan untuk akses internet menggunakan Dial Up
Lakukan
penyambungan internet menggunakan Dial-up (Saluran komunikasi lainnya
misalnya ISDN (64 Kbps), Wave Line (2 Mbps) atau Satelit)!
|
4 x 40
|
Komputer,
koneksi internet,
buku paket,
tayangan
|
Cermat/teliti,
berfikir logis, bekerjasama, menghargai pendapat
|
,
Mengetahui Kalibagor,…………….2012
Mengetahui Kalibagor,…………….2012
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
NOOR RAHAYU INDRIASTUTI SUWARDI
NIP.196105091984032006 NIP. 196612231989021001
SILABUS
Sekolah :
SMP Negeri 1
Kalibagor
Kelas/Semester : IX / 2(Dua)
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Standar kompetensi : 2. Menggunakan internet untuk memperoleh informas
Kelas/Semester : IX / 2(Dua)
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Standar kompetensi : 2. Menggunakan internet untuk memperoleh informas
Kompetensi Dasa
|
Materi Pokok/ Pembejaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alo
kasi
Wa
ktu |
Sumber Belajar
|
Karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrume
|
|||||||
2.1.
Mendemon-strasikan akses internet
sesuai dengan prosedur
|
·
Akses internet:
·
Perangkat lunak (program) yang digunakan untuk mengakses
internet
· Penulisan nama domain
·
Search
engine
|
· Mengamati dan menemukan perangkat lunak yang
digunakan untuk mengakses internet yang terdapat di laboratorium computer dengan cermat dan teliti
· Studi pustaka dalam penulisan alamat untuk akses
internet/ situs internet dengan mengetikkan nama domain pada address bar
pada perangkat lunak yang digunakan dengan cermat, teliti, jujur dan
bertanggungjawab
·
Melakukan pelacakan alamat Web melalui Search
engine dengan jujur, bertanggungjawab
|
· Mengidentifikasi
perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses internet dengan cermat dan teliti
· Mengidentifikasi nama domain internet dengan cermat
dan teliti
· Mengidentifikasi
perintah-perintah pada halaman web site. dengan
cermat dan teliti
· Menjelaskan langkah-langkah
pelacakan pada search engine
· Melakukan pelacakan
alamat Web melalui Search engine dengan jujur, bertanggungjawab
|
· Tes tulis,
· Unjuk kerja
· Test tulis
· Unjuk Kerja
· Tes tulis
· observasi
|
· Pilihan, uraian
· Lembar observasi
· Uraian
· Lembar observasi
· Uraian
· Lembar observasi
|
1. Tunjukkanlah perangkat lunak yang
digunakan untuk mengakses internet!
2. Akseslah situs komersial, pemerintah,
organisasi dan pendidikan yang ada di internet!
3.
masuklah ke situs www.e-smarteducation.com
4.
Jelaskan langkah-langkah untuk mencari (tema tertentu) pada search engine
yahoo/ yang lainnya
|
6 x
40’ |
Perangkat komputer, koneksi internet, lembar kerja, buku paket
|
Religius, Cermat/teliti,
jujur, bertanggungjawab, mandiri, berfikir logis,
kritis dan kreatif, ingin
tahu, menerapkan informasi secara logis, kritis, dan kreatif,
bekerjasama, menghargai pendapat orang lain, santun dan demokratis
|
2.2. Mengidenti-fikasi beberapa layanan
informasi yang ada di internet
|
· Layanan internet (http,
email, dll)
|
· Menemukan layanan yang
ada di internet
· Menemukan manfaat
layanan internet dengan kerjasama, menghargai pendapat oranglain, santun.
· Membuat, membuka dan
mengirim e_mail dengan bertanggungjawab, dan
santun
·
Melakukan chat antar PC baik dalam jaringan
intranet/ internet dengan menggunakan fasilitas chat (MiRc, yahoo-messangger)
dengan jujur, bertanggungjawab, dan
santun
|
·
Mengidentifikasi layanan yang ada di internet.
· Mengidentifikasi manfaat layanan internet dengan kerjasama,
menghargai pendapat orang lain, santun.
·
Memiliki e-mail,
·
Menggunakan fasilitas e-mail dengan bertanggungjawab, dan santun
·
Melakukan chat antar PC baik dalam jaringan
intranet/ internet dengan menggunakan fasilitas chat (MiRc, yahoo-messangger)
dengan jujur bertanggungjawab, dan santun
|
· Unjuk kerja,
· Observasi
· Unjuk kerja
· Penugasan
individu
· Portofolio
· Tes tulis, lesan
|
· Uji prosedur
· Lembar observasi
· Uji prosedur
· Lembar observasi
· Produk
· Uraian, interview
|
1. Tunjukkanlah
layanan yang terdapat di internet!
2.
Buatlah e-mail pada yahoo, dan kirim ke alamat (bang_aksa@yahoo.com)
|
8 x
40’ |
Perangkat komputer, koneksi
internet, lembar kerja, buku paket
|
Religius,
Cermat/teliti, jujur, bertanggungjawab, mandiri, berfikir logis,
kritis dan kreatif, ingin
tahu, menerapkan informasi secara logis, kritis, dan kreatif,
bekerjasama, menghargai pendapat orang lain, santun dan demokratis
|
2.3. Mengakses beberapa situs untuk memperoleh
informasi yang bermanfaat
|
· Unduh
· Ungguh
· Pengolahan
informasi dari internet
|
· Melakukan pelacakan
informasi dengan mengakses internet dengan jujur, bertanggungjawab, dan
berfikir logis, kritis, kreatif
· Melakukan proses down load dengan mengambil beberapa
informasi yang diperlukan dengan jujur, bertanggungjawab, dan berfikir logis,
kritis, kreatif
·
Mengolah informasi yang diperoleh menggunakan program
pengolah kata dengan jujur,
betanggungjawab, menerapkan informasi secara logis, kritis, kreatif dan menghargai hasil karya orang lain
|
· Melakukan pela
cakan informasi dengan mengakses internet dengan jujur,
bertanggungjawab, dan berfikir logis, kritis, kreatif
· Men-download informasi
dari internet dengan jujur, bertanggungjawab, dan berfikir logis, kritis,
kreatif
· Mengolah
informasi menggunakan program aplikasi pengolah kata dengan jujur, betanggungjawab,
menerapkan informasi secara logis, kritis, kreatif dan menghargai hasil karya oranglain
|
· Unjuk kerja
· Penugasan
individu/ kelompok
· Portofolio
· Ujuk kerja
· Penugasan
individu /kelompok
· Portofolio
· Ujuk kerja
· Penugasan
individu /kelompok
Portofolio
|
· Uji prosedur
· Lembar observasi
· Produk
· Uji prosedur
· Lembar observasi
· Produk
· Uji prosedur
· Lembar observasi
Produk
|
1. Carilah
beberapa informasi yang terdapat di internet, down-load informasinya
dan olah informasi tersebut dengan menggunakan program aplika
|
8 x
40’ |
Perangkat komputer, koneksi
internet, lembar kerja, buku paket
|
Religius,
Cermat/teliti, jujur, bertanggungjawab, mandiri, berfikir logis,
kritis dan kreatif, ingin tahu, menerapkan
informasi secara logis, kritis, dan kreatif, bekerjasama, menghargai pendapat
orang lain, santun dan demokratis
|
Mengetahui Kalibagor,…………….2012
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
NOOR RAHAYU INDRIASTUTI SUWARDI
NIP.196105091984032006 NIP. 196612231989021001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar